Kuliah Tamu Business Practice 4
Perguruan Tinggi ASIA Malang
Pembicara : Dr. David S Kodrat MM CPM
Tempat : Ruang Theater ASIA Malang
MANUFAKTUR
Proses Pembuatan Wine
Tahapan-tahapan pembuatan Wine:
1. Memilih dan mengetes buah anggur
2. Penambahan sulfida untuk membunuh bakteri dan ragi yang tidak diinginkan (Fermentasi)
3. Penekanan untuk memisahkan benda-benda padat yang terdapat pada buah anggur
4. Klasifikasi dalam meletakkan tong-tong (wadah)
5. Penghancuran dan pembersihan ulang (Filtrasi)
6. Penyimpanan dalam jangka waktu yang cukup lama
7. Pembotolan (Packing ke dalam botol)
Karakteristik Industri Manufaktur :
1. Ada proses pengolahan bahan baku (row material, barang dalam proses) menjadi produk
KSF: Pemilihan bahan, manajemen kualitas, EPE
2. Setiap work station akan mengkonsumsi biaya
KSF: Mengerjakan aktivitas yang bernilai tambah
3. Revenue ditentukan oleh "Keunggulan Kompetitif" perusahaan dalam penghasilan produk
KSF: Kapasitas dan jumlah produk yang diproduksi
RETAIL
PT. Arta Boga Cemerlang
merupakan pusat distribusi (DC) Arta Boga Cemerlang berlokasi dibeberapa kota besar di Indonesia. Setiap DC memiliki cakupan wilayah tertentu berdasarkan kedekatan lokasi distribusi. Arta Boga Cemerlang menyadari pentingnya teknologi dan melakukan investasi untuk mengembangkan sistem informasi. Hal tersebut terlihat dengan menerapkannya penggunaan piranti PDA bagi para salesman sejak tahun 2007.
Kriteria Pemilihan Saluran Distribusi :
1. Memiliki jaringan distribusi yang luas
2. Memiliki kapasitas keuangan
3. Memiliki armada pengiriman dan penjualan
4. Memiliki cakupan area yang luas
5. Memiliki pengalaman dalam mendistribusikan produk sejenis
6. Memiliki tingkat layanan yang baik
7. Mempunyai kemampuan, reputasi, dan sejarah prestasi perantara yang baik



Karakteristik Industri Retail :
1. Perusahaan membeli barang untuk dijual kembali
KSF: Delivery In Full On Time Error Free (DIFOTEF) => persediaan
2. Kesuksesan perusahaan ditentukan oleh distribusi
KSF: Coverage, Spreading, Penetrasi (CSP) Display, Biz Inteligen
3. Revenue ditentukan oleh "saluran distribusi" yang digunakan perusahaan
KSF: Struktur, Sistem, dan Strateg Distribusi
JASA
Salon Johnny Andrean
Ilmu salon diperoleh dari ibunya, dari mulai tukang keramas pada tahun 1975, hingga memperluas ilmu keramas rambut di London.
Johnny Andrean berhasil membuka salon pertamanya pada tahun 1980-an disebuah garasi didaerah Pademangan, Jakarta Utara.
Ketrampilan tangan dan kerahanan pelayanan Johnny dengan cepat menyebar dari mulut ke telinga.
Kunci Sukses Salon Johnny Andrean :
Pemilik :
Berbekal pengalaman, keterampilan, dan keramahan johnny membuka salon. Bisnisnya dikembangkan dengan membuka cabang hingga mencapai 200. Mengembangkan Sekolah Johnny Andrean, sistem waralaba, dan Johnny Andrean Brida: unggul di desain dan bahan
Untuk pengembangan sekolah, Jhonny turun tangan secara langsung
Karyawan:
Membangun hubungan baik dengan memberi gaji, bonus, komisi dan perhatian yang baik. Memberikan kepercayaan kepada karyawan dan melibatkan karyawan dalam menjalankan bisnis. Manajemen karier mulai dari: bagian kebersihan, tukang cuci rambut, tukang creambath, petugas spa, pedicure manicure, asisten stylish, stylish, senior stylish, penyelia, manajer salon, hingga manajer area.
Pelanggan:
Komitmen untuk smilling, welcome, care, dan service, memberikan harga secara adil selalu berinovasidan memberikan "nilai lebih" pada pelanggan.
Setiap keluhan pelanggan dipenuhi sehingga pelanggan merasa diperhatikan. Memberikan yang terbaik kepada pelanggan: sentuhan pribadi, pelayanan cepat dan ramah ditambah penggunaan produk perawatan produk berkualitas. Menjalankan komitmen tersebut secara konsisten.
Karakteristik Industri Jasa:
1. Perusahaan menjual jasa pelayanan (bukan barang)
KSF: fisik, reliabilitas, responsibility, jaminan, empathy
2. Kesuksesan perusahaan ditentukan oleh kualitas layanan yang diterima masyarakat
KSF: Ekspektasi harus sama dengan realisasi
3. Revenue ditentukan oleh "people" yang digunakan oleh perusahaan
KSF: Kepuasan karyawan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar