Kuliah Tamu Business Practice 4
Perguruan Tinggi ASIA Malang
Pembicara : Mutia Amanatillah Tasya
Tempat : Ruang Theater ASIA Malang
Pengertian Bank
Bank berasal dari bahasa Italia Banca yang berarti tempat penukaran uang.
Menurut UU RI Nomor 10 Tahun 1998, Bank mencakup 3 kegiatan yaitu : 1. menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan (funding), 2. menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya (lending), 3. memberikan jasa pada bank lainnya.
Perbankan merupakan bisnis yang berdasarkan kepercayaan (trust). Jadi alurnya dimulai dari nasabah yang menaruh/menyimpan uangnya di bank lalu bank akan menjamin/menjaga kepercayaan terhadapa nasabah dan akhirnya kembali lagi kepada nasabah.
Jenis-Jenis Bank
1. Bank Central
penerbitan uang dalam suatu negara dan mempertahankan konversi uang tersebut.
2. Bank Umumadalah Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran
3. Bank Pengkreditan Rakyat
tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
4. Bank Syariah
beroperasi berdasar bagi hasil.
Kerja di Bank, Apa Menariknya ?
- Life Time Relationship --> seluruh bagian dari siklus hidup manusia dapat dilayani oleh bisnis consumer banking.
- Sistem kompleks paling aman (BI, OJK, LPS, Asuransi)
- Gaji dan kesejahteraan terjamin dengan asumsi bahwa gaya hidup normal
- Berbagai program yang menghasilkan insentif
- Jenjang karier yang sangat terbuka
- Care terhadap penampilan, komunikaif, dan percaya diri
Status Karyawan di Bank
- Magang
- Outsourcing
- Kontrak
- Tetap
Situasi Perbankan pada tahun 2014 - 2015
- semakin komopetitif
- antisipasi issue global dan regional
- kesiapan mendapatkan peluang baru
Mengacu pada 3 kegiatan utama yang dilakukan oleh bank, beberapa produk yang ditawarkan pada kegiatan ini antara lain :
- Produk Funding : 1. Tabungan, 2. Giro
- Produk Lending : 1. Konsumer, seperti KPR, KPM, KSG, Kartu Kredit, 2. UKMK, seperti Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi.
Prinsip Pengkreditan yang diterapkan oleh pihak Bank dapat dirangkum menjadi 6 C, yaitu:
1. Character
2. Capacity
3. Capital
4. Collateral
5. Condition Of Economic
6. Constraint
Tindakan Marketing yang seharusnya dilakukan yaitu :
1. Networking
2. Maping
3. Solisit
4. Follow Up
5. Maintenance
Tidak ada komentar:
Posting Komentar